top of page

Sejarah Indonesia

Mohammad Arief Anak Santri

Mohammad Arief Anak Santri

Pencipta lagu “Genjer-genjer” lahir dari keluarga santri. Ditegur ayahnya ketika bikin lagu jam tiga pagi.

22 Oktober 2022
bg-gray.jpg
bg-gray.jpg
camera overlay
camera_edited_30.png

Potret Mohammad Arief. (Minggu Pagi, 3 Oktober 1965).

Lagu “Genjer-genjer” sering kali dikaitkan dengan peristiwa G30S. Seperti digambarkan dalam film propaganda Pengkhianatan G30S/PKI, lagu rakyat Banyuwangi ini dinyanyikan oleh Gerwani dan Pemuda Rakyat ketika para jendral disiksa. Padahal, lagu itu merepresentasikan penderitaan rakyat pada masa pendudukan Jepang. Mohammad Arief penciptanya, juga merupakan anak santri.


“Bung, sebenarnya ayah saya ini seorang santri tulen,” katanya kepada wartawan Minggu Pagi, 3 Oktober 1965.


Mohammad Arief bercerita, suatu hari ketika ia hendak menggubah sebuah lagu, ayahnya yang sedang sembahyang merasa terganggu.


“Ketika saya menggali lagu-lagu dengan nada rengeng-rengeng (bergumam-gumam) di waktu malam buta sampai jam 3–4 pagi, pernah ayah itu menegur saya, karena saya dianggap mengganggu dia yang sedang sembahyang itu,” terangnya.



Lahir dari lingkungan relijius, Mohammad Arief justru berminat pada musik rakyat yang revolusioner. Ia berkisah bagaimana menggubah lagu “Genjer-genjer”. Katanya, dulu tidak ada orang yang peduli pada tumbuhan genjer yang dianggap gulma. Pada masa pendudukan Jepang, ketika orang-orang kelaparan, genjer mulai diolah sebagai makanan.


“Dimasak, nasinya jagung, dengan sambal yang agak pedas, sudahlah nikmat betul bagi mereka. Terlebih-lebih makannya di tengah sawah pada saat-saat mereka mengaso bekerja,” tulis Minggu Pagi.


Mohammad Arief terinspirasi dari penderitaan dan perjuangan rakyat Banyuwangi bertahan hidup. Pada 1953, ia mulai menciptakan lagu “Genjer-genjer”. Lagu ini dengan cepat populer di Banyuwangi.


Rumah Mohammad Arief kemudian menjadi sanggar seni. Ia mendirikan organisasi seniman Srimuda (Seni Rakyat Indonesia Muda). Angklung Banyuwangi, menjadi alat musik wajib bagi Srimuda. Mohammad Arief juga merupakan seniman pembuat angklung.



“Sebab untuk mendapatkan nafkah hidup sehari-harinya, Moh. Arief membuat angklung. Baik untuk memenuhi pesanan umum, maupun tidak. Angklung ini adalah alat mutlak bagi seni di daerah Banyuwangi, sebab semua lagu-lagu di daerah itu dinyanyikan dengan iringan angklung,” tulis Minggu Pagi.


Sekira tahun 1963, lagu “Genjer-genjer” populerdi seluruh Indonesia. Bahkan, lagu ini dinyanyikan oleh dua penyanyi kawakan, Lilis Suryani dan Bing Slamet. Kepopuleran lagu ini tak lepas dari peran Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra) di mana Mohammad Arief juga bergabung.


Rhoma Dwi Aria Yuliantri dan Muhidin M. Dahlan dalam Lekra Tak Membakar Buku, menyebut di kalangan “keluarga Komunis” lagu “Genjer-genjer” menjadi hit dan kebanggaan mereka.


“Jika ada yang menjustifikasi musik dan lagu, termasuk ‘Genjer-genjer’, sebagai simbol/morse tentang peristiwa pagi buta 1 Oktober 1965, menjadi sangat wajar. Sebab Lekra-lah yang mengerek tinggi-tinggi lagu yang berasal dari daerah udik Jawaitu menjadi lagu nasional,” tulis Rhoma dan Muhidin.



“Genjer-genjer” tak hanya populer sebagai lagu. Lagu-lagu lain yang dibawakan Srimuda, seringkali juga dikenal sebagai “Genjer-genjer”. Bahkan, Srimuda sendiri juga mendapat julukan “Genjer-genjer”. Mohammad Arief bersama Srimuda setidaknya telah menggubah sekira 40 lagu daerah khas Banyuwangi dengan sentuhan kerakyatan dan revolusioner. Ia juga mendirikan sanggar-sanggar angklung di berbagai desa di Banyuwangi.


Mohammad Arief menjadi anggota DPRGR Tk II Banyuwangi mewakili golongan karya seniman sejak 1955. Di Lekra, ia merupakan anggota Pleno Pusat Lembaga Musik Indonesia. Pasca G30S, ia ditangkap dan dipenjara di Kalibaru dan Lowokwaru, Banyuwangi. Namun, sejak Desember 1965, tak ada lagi kabar bagaimana nasib Mohammad Arief.*

Opmerkingen

Beoordeeld met 0 uit 5 sterren.
Nog geen beoordelingen

Voeg een beoordeling toe
Satu Abad Batik Oey Soe Tjoen

Satu Abad Batik Oey Soe Tjoen

Salah satu batik tulis halus tertua di Indonesia. Pengerjaan yang penuh dedikasi dan balutan sejarah yang panjang menjadikan batik ini lebih dari sekedar kain, tetapi sebuah mahakarya seni.
Riwayat Pacu Jalur yang Kini Mendunia

Riwayat Pacu Jalur yang Kini Mendunia

Bermula dari transportasi air, Pacu Jalur viral berkat tren “aura farming” hingga siap didaftarkan sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO.
Persaudaraan Setia Hati pada Masa Pendudukan Jepang

Persaudaraan Setia Hati pada Masa Pendudukan Jepang

Pada masa pendudukan Jepang, ada upaya standarisasi silat di bawah guru Setia Hati. Pengawal pertama Sukarno dan Mohammad Hatta dipilih dari pendekar silat.
Handala, Simbol Perlawanan Palestina dalam Seni Jalanan

Handala, Simbol Perlawanan Palestina dalam Seni Jalanan

Kapal bantuan kemanusiaan “Handala” yang menembus blokade Israel dinamai dari karakter kartun ikonik karya seniman Palestina korban Peristiwa Nakba.
Coklat Sebagai Ransum Tentara di Medan Perang

Coklat Sebagai Ransum Tentara di Medan Perang

Telah sejak lama coklat menjadi bekal para tentara di medan perang. Di masa Perang Dunia II, coklat pernah dijuluki sebagai senjata rahasia Hitler.
bottom of page